ASALAMU 'ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUH BLOG By MUH FAJAR HUDI APRIANTO @ MARI KITA GUNAKAN WAKTU KITA YANG TERSISA DENGAN SEBAIK MUNGKIN KARENA WAKTU KITA HANYA SEDIKIT AGAR KITA TIDAK TERMASUK ORANG ORANG YANG MERUGI mafa GUNAKAN WAKTU MUDAMU SEBELUM DATANG WAKTU TUAMU WAKTU SEHATMU SEBELUM DATANG WAKTU SAKITMU KAYAMU SEBELUM TIBA MISKIN WAKTU LAPANGMU SEBELUM TIBA WAKTU SEMPITMU DAN GUNAKAN WAKTU HIDUPMU SEBELUM TIBA MATIMU pesan nabi

Rabu, 01 Februari 2012

Iman dan Sabar




Iman dan sabar merupakan dua kata yg berlainan tidak seakar api sama ari bahasa arab yabg tlah diadopsi kedalam bahasa Indonesia , keimanan itulah yg menopang sift sabar tsb. Jadi adanya sabar bukti adanya iman (keyaknan) bilakita dengar kata sabar yg terbayang pada benak kita adalah dtidak reaktif, tidakemosional dlam hadapi sesuatu danmenerima suatu kedaan dg tenang .
Tapisperti itulah yg dikehendaki Alloh yg merupakan perwujudan adanya aman itu.suatu contoh misalkan tentang kesabaran , apabila kita ditimpa musibah bagaimana sikap kita apakah mengeluh ,mencAci MAKI TUHAN/MENGATAKAN TUHAN TIDAK ADIL ATAU TUHAN TIDAK SAYANG PADA KITA . ITUsuatu sikap yg bertentangan dg islam yg menunjukkan lemahnya tauhid (iman) semestinya bilakita ditimpa musbah ,kesusahan,kesedihan, kita harus meyakini bahwa itu datangnya dari Alloh dan merupakan  bahwa alloh itu saying dan perhatian pada kita ,serta merupakan bentuk ujian tentang  keberadaan iman yg telah ada pada kita  yang telah kita ucapkan /ikrarkan  (29; 2-3). Ayat 2 ; Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Ayat 3; Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.
Ketik KIT bersikP SEPERTI ITU kita barengi dengan minta pertolongan pada Alloh berdo’a dan berusaha agar ujian segera berlalu, ketikakita berdoa dan terus berdoa ternyata doa kita tdk segera lepasdariujian ,banyakberputus asa , akirnya tdk berdoapada Alloh , pada saat kita hamper putus asa kita masih yaki ini adalah kehendak Alloh yg terbaik ,Alloh menurunkan sesuatu , pasti ada hikmahnya saat iulah sikap sabar telah berperan dalam diri kita , dalam keadaan itu kita yakin itu ujian keadilan Alloh lalukita membarengi dg doa,dzaikir sholat dll.dan itukita lakuka dg istiqomah maka itu menunjukkan keimanan kita telahlulus diuji dalamkontek tersebut tentunya.
Selain sikap diatas dlam alquran kita dianjurkan mengucap inalilahi…………. saat ditimpa musibah ( 2;156) yg artnya (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, "Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun"dan RS I hal 48, mungin mengucapka kata itu sangat  mudah sekalitapi sebatas kita ucapka,ayatituperlukia kaji ,kita resapi maknanya bahwakita lahir tdk membawa apa –apa ,jadi bila kita diberikesenangan ,kenikmatan lalu nikma itu diambil yg punya maka itu halyg wajar dan kita harus bersikap lapang, iklas , demikian juga harta ,jabata halyg kita cintai bila diambil kita bersikap lapang dan sabar karea itubukan hak kita , kita hanya diberi amanah untuk mengelolanya.
Sebenarnya apa tho yang menyebabkab kita mengalamirasa senang , susah itu karena keadaan sebelumnya yg berlawanan  shg pada saat itukita mengalami transisi (masa perubahan) sehingga dibutuhka adaptasi. Contoh  suhu dingi dan panas ,kalauorang ngare pergi kegunung pasti ia akan merasakan hawa dingin , tapiapa kata orang gunung sendiri ia tdk meraskan dingin karena sudah terbiasa sudah beradaptasi, sedang orang ngare pada saat masa adaptasi akan mengalami problem misalkan masuk angin flu dll.begitujugaorang gunung ke ngare akan merasakan hawa panas.
Demikian juga rasa susah dan senang kita merasa susah karena keadaan sebelumya  yakni rasa nikmat dan senang ketika nikmat itu dicabut  kita shock /kaget berganti rasa susah gelisah, sehingga perlu adaptasai , semakin lama akan hilang sendiri jika memang berusaha.
Kita lahir tdk bawa apa2 lalukita diberi nikmat kesenangan  sat nikmat dicabut unutk mengujinya ,apaharta dan keenangan itulebh dicintai dari Alloh?  Kalau dia susah berlarut2  berarti dia tdk sabar ,tdk iman, kalau orang banyak ditimpakesusahan bertahun2 isalkan suatusaat ia dihadapkan dg kesulitan ,susah lagi ia sudah kebal da terbiasa karena sudah beradaptasi dg keadaan spt itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar