ASALAMU 'ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUH BLOG By MUH FAJAR HUDI APRIANTO @ MARI KITA GUNAKAN WAKTU KITA YANG TERSISA DENGAN SEBAIK MUNGKIN KARENA WAKTU KITA HANYA SEDIKIT AGAR KITA TIDAK TERMASUK ORANG ORANG YANG MERUGI mafa GUNAKAN WAKTU MUDAMU SEBELUM DATANG WAKTU TUAMU WAKTU SEHATMU SEBELUM DATANG WAKTU SAKITMU KAYAMU SEBELUM TIBA MISKIN WAKTU LAPANGMU SEBELUM TIBA WAKTU SEMPITMU DAN GUNAKAN WAKTU HIDUPMU SEBELUM TIBA MATIMU pesan nabi

Senin, 25 November 2013

Kerangka Penelitian Tindakan Kelas Sekolah Dasar/MI

Belakangan ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) semakin menjadi trend untuk dilakukan oleh para profesional sebagai upaya pemecahan masalah dan peningkatan mutu di berbagai bidang. Awal mulanya, PTK, ditujukan untuk mencari solusi terhadap masalah sosial (pengangguran, kenakalan remaja, dan lain-lain) yang berkembang di masyarakat pada saat itu. PTK dilakukan dengan diawali oleh suatu kajian terhadap masalah tersebut secara sistematis. Hal kajian ini kemudian dijadikan dasar untuk mengatasi masalah tersebut.
Beberapa cara dan metode membuat penelitian tindakan kelas bisa berbeda-beda tergantung masalah yang sedang diteliti, meskipun begitu didalam membuat laporan PTK tentu masih memiliki etika dan cara-cara dalam pelaporan hasil penelitian tersebut.
Pada garis besarnya proses cara pembuatan laporan PTK sebagai berikut:
  1. Bab pendahuluan yang memuat berbagai latar belakang masalah yang diteliti.
  2. Bab konkrit masalah kemudian tujuan ptk serta manfaat dengan adanya ptk itu nanti.
  3. Bab yang berisikan masalah serta dalam bentuk kerangka secara teoritis.
  4. Bab metode-metode yang dipakai dalam membuat sebuah ptk.
  5. Penutup.
Pada umumnya detail dalam pembuatan laporan PTK berisikan sebagai berikut;
  1. Halaman judul, pengesahan, pernyataan, kata pengantar, abstrak, daftar isi, tabel-tabel, dll disesuiakan dengan kebutuhan anda.
  2. BAB PENDAHULUAN, yang meliputi; latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat PTK.
  3. BAB KAJIAN PUSTAKA,  misalnya; media pembelajaran, alat pembelajaran, model tes, teori-teori, dll
  4. BAB PELAKSANAAN PERBAIKAN,  misalnya; lokasi dan subjek penelitian (seperti tempat penelitian, waktu penelitian, dan subjek penelitian.), rancangan penelitian, alat pengumpul data, teknik analisis data, dll
  5. BAB HASIL DAN PEMBAHASAN PENELITIAN, misalnya hasil penelitian siklus 1, hasil penelitian siklus 2, dst. dilanjutkan dengan pembahasan.
  6. BAB PENUTUP, yang berisikan kesimpula, saran-saran, dll
  7. Daftar pustaka
  8. Lampiran-lampiran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar