ASALAMU 'ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUH BLOG By MUH FAJAR HUDI APRIANTO @ MARI KITA GUNAKAN WAKTU KITA YANG TERSISA DENGAN SEBAIK MUNGKIN KARENA WAKTU KITA HANYA SEDIKIT AGAR KITA TIDAK TERMASUK ORANG ORANG YANG MERUGI mafa GUNAKAN WAKTU MUDAMU SEBELUM DATANG WAKTU TUAMU WAKTU SEHATMU SEBELUM DATANG WAKTU SAKITMU KAYAMU SEBELUM TIBA MISKIN WAKTU LAPANGMU SEBELUM TIBA WAKTU SEMPITMU DAN GUNAKAN WAKTU HIDUPMU SEBELUM TIBA MATIMU pesan nabi

Rabu, 20 November 2013

Menyalakan Lampu Dapat Mengacaukan Kualitas Tidur

Jika Anda sering mengalami gangguan sulit tidur atau mungkin berniat meningkatkan kualitas tidur, ada satu hal penting yang perlu Anda perhatikan.
Hal ini bukanlah kondisi kasur, bantal maupun selimut, melainkan lampu yang menerangi ruangan Anda saat malam hari.
Apabila selama ini Anda tidur dengan kondisi lampu dalam keadaan menyala, maka ubahlah kebiasaan ini dan matikan lampu Anda ketika ingin tidur.
Pasalanya, tidur dengan keadaan lampu menyala diketahui dapat mengakibatkan seseorang lebih sering terbangun pada tengah malam dan malah menurunkan kualitas tidur.
Hal ini ternyata juga berpengaruh terhadap osilasi otak yang terkait erat dengan kedalaman tidur manusia, demikian dilansir Huffington Post, Senin (18/11).
Ini dibuktikan melalui penelitian yang melibatkan 10 orang yang menggunakan monitor polisomnografi. Sebagian peserta tidur dengan lampu dalam keadaan mati, sedangkan sebagian lainnya dengan lampu yang menyala.
Para ahli dari Korea Selatan yang menjalankan penelitian menemukan bahwa peserta yang tidur dengan lampu dalam keadaan menyala, mengalami tidur tahap satu yang belum terlalu mendalam, gelombang tidur yang semakin melambat serta frekuensi sering terbangun semakin tinggi. Terjadi perubahan pula terhadap osilasi otak, terutama yang terkait dengan kedalaman dan stabilitas tidur.
Menurut National Sleep Foundation, lingkungan tidur yang optimal sangat penting terhadap nyenyaknya tidur pada malam hari. Ini dapat diperoleh dengan mematikan lampu atau menggelapkan ruangan sebelum terlelap tidur hingga pagi hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar