ASALAMU 'ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUH BLOG By MUH FAJAR HUDI APRIANTO @ MARI KITA GUNAKAN WAKTU KITA YANG TERSISA DENGAN SEBAIK MUNGKIN KARENA WAKTU KITA HANYA SEDIKIT AGAR KITA TIDAK TERMASUK ORANG ORANG YANG MERUGI mafa GUNAKAN WAKTU MUDAMU SEBELUM DATANG WAKTU TUAMU WAKTU SEHATMU SEBELUM DATANG WAKTU SAKITMU KAYAMU SEBELUM TIBA MISKIN WAKTU LAPANGMU SEBELUM TIBA WAKTU SEMPITMU DAN GUNAKAN WAKTU HIDUPMU SEBELUM TIBA MATIMU pesan nabi

Selasa, 04 April 2017

Keseharian Nabi Muhammad Saw dan Cara Mengamalkannya (1)

Sebagai seorang Muslim, kita memiliki Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa Salam sebagai acuan untuk menjalani hidup. Melalui hadist-hadistnya kita mengikuti segala apa yang dilakukan Rasulullah selama hidupnya, tak terkecuali aktivitas sehari-hari Rasulullah.

Namun, kita juga harus menyesuaikannya dengan kehidupan kita di masa ini jika ingin mengamalkan juga sunnah yang dilakukan Rasulullah sepanjang hari setiap hari.

Berikut ini aktivitas sehari-hari Rasulullah SAW dan cara pengamalannya :

Dari Fajar Hingga Terbit Matahari

Bangun dari tidurnya. Saat terbangun dari tidurnya, Rasulullah membaca do’a bangun tidur dan langsung bersiwak. Saat adzan berkumandang, beliau mendengarkan dengan khusyuk dan mengulang setiap kalimat yang diucapkan muadhin, kemudian beliau melakukan sholat sunnah dua raka’at.

Meninggalkan rumah. Ketika meninggalkan rumah, Rasulullah menatap langit dan berdoa: ()

Memasuki masjid. Rasulullah memasuki masjid dengan kaki kanannya terlebih dulu dan berdoa memasuki masjid. Kemudian Rasulullah mengimami shalat shubuh berjama’ah di masjid.

Memberi nasihat. Selepas sholat shubuh, biasanya banyak orang yang mendatangi Rasulullah untuk menanyakan sesuatu atau menceritakan masalah mereka. Maka Rasulullah akan menasihati bahkan terkadang hingga orang-orang menangis.

Kembali ke rumah. Setelah matahari terbit, Rasulullah kembali ke rumahnya dan membaca doa memasuki rumah. Beliau kembali bersiwak dan menyapa seluruh keluarganya. Ia kemudian akan bertanya pada istrinya apakah ada sesuatu yang bisa dimakan. Jika ada, maka Rasulullah akan makan. Jika tidak, beliau akan berkata, “maka aku akan berpuasa.”

Bentuk pengamalan:

Bangun saat adzan subuh

Menggosok gigi atau bersiwak setelah bangun tidur.

Melakukan sholat shubuh berjama’ah di masjid. (bagi laki-laki)

Menikmati waktu setelah shubuh dengan mengingat Allah dan mensyukuri segala nickmatnya.

Kembali ke rumah, menyapa seluruh keluarga memastikan mereka semua baik dan sehat.

Berpuasa jika tidak ada makanan meskipun tidak makan sahur.

Dari Terbit Matahari Hingga Dhuhur

Menghadiri perkumpulan. Di waktu dari terbit matahari hingga dhuhur biasanya dimanfaatkan Rasulullah untuk menghadiri berbagai perkumpulan. Baik hanya perkumpulan biasa dimana Rasulullah memberi ceramah, maupun perkumpulan khusus seperti mendoakan bayi yang baru dilahirkan, mendoakan hasil panen ataupun menghadiri acara pengucapan syahadat oleh mualaf yang baru mau masuk Islam.
Mengunjungi kerabat dan saudara. Di waktu ini juga biasanya Rasulullah mengunjungi kerabat dan saudaranya untuk bersilaturahmi, mengunjungi orang yang sedang sakit ataupun memenuhi undangan dari orang lain. Biasanya Rasulullah juga mengunjungi istri-istrinya, membantu pekerjaan rumah, membetulkan sepatu yang rusak, memerah sus kambing atau sekedar quality time bersama keluarga.
Kemudian beliau akan istirahat atau tidur siang sejenak sebelum bangun untuk sholat dhuhur dan sholat sunnah.
Bentuk Pengamalan:
Mencari ilmu atau melakukan tugas dalam pekerjaan dengan baik.
Jika sempat maka lakukan sholat dhuha sebanyak minimal 2 rakaat dan maksimal 8 rakaat.
Jika sedang berada di rumah, maka lakukan pekerjaan dan nikmati waktu bersama keluarga.
Tidur siang atau istirahat sejenak di waktu sebelum sholat dhuhur juga biasa dilakukan Rasulullah.

1 komentar:

  1. Anda Bosan Menjadi Pemain Dan Ingin Menjadi Bandar??? Temukan Solusinya Hanya Di PesonaQQ.com

    Penawaran Special Dari PesonaQQ Untuk Anda Yang Bergabung Hari Ini Juga :

    =>> Bonus Turnover 0.3% - 0.5% (Perminggu)
    =>> Bonus Referensi 20% (Seumur Hidup)

    Keuntungan Anda Yang Bergabung Bersama Kami Di PesonaQQ :

    *Data Anda Aman Bersama Kami
    *Pelayanan Customer Service Yang Ramah 24/7
    *Tersedia 7 Permainan Dalam 1 Web Yang Sesuai Dengan Skill Anda (Poker, Domino QQ, Capsa Susun, Adu Q, Bandar Q & Bandar Poker)
    *Bonus TURNOVER Yang Melimpah & Bonus REFERENSI Yang Berlaku Seumur Hidup
    *Hanya Dengan 1 Akun Anda Sudah Bisa Bermain Semua Game Di PesonaQQ.com

    Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi???

    BalasHapus