Firman Allah: “Mengenai pakaianmu, hendaklah kamu bersihkan.” (al-Muddatstsir: 4)
Firman Allah: “Sesungguhnya Allah mengasihi orang-orang yang tobat, dan mengasihi orang-orang yang bersuci.” (al-Baqarah: 222)
Sabda Rasulullah saw.: “Bersuci itu sebagian dari keimanan.”
Firman Allah: “Sesungguhnya Allah mengasihi orang-orang yang tobat, dan mengasihi orang-orang yang bersuci.” (al-Baqarah: 222)
Sabda Rasulullah saw.: “Bersuci itu sebagian dari keimanan.”
Macam-macam najis adalah:
1. Bangkai: ialah yang mati secara begitu saja artinya tanpa disembelih menurut ketentuan agama. Termasuk juga dalam hal ini apa yang dipotong dari binatang hidup, berdasarkan hadits Abu Waqib al-Laitsi:
Telah bersabda Rasulullah saw.: “Apa yang dipotong dari binatang ternak, sedang ia masih hidup, adalah bangkai.” (HR Abu Daud dan Turmudzi yang diakuinya sebagai hadits hasan. Katanya: “Bagi ahli ilmu, ketentuan ini dituruti.”)
1. Bangkai: ialah yang mati secara begitu saja artinya tanpa disembelih menurut ketentuan agama. Termasuk juga dalam hal ini apa yang dipotong dari binatang hidup, berdasarkan hadits Abu Waqib al-Laitsi:
Telah bersabda Rasulullah saw.: “Apa yang dipotong dari binatang ternak, sedang ia masih hidup, adalah bangkai.” (HR Abu Daud dan Turmudzi yang diakuinya sebagai hadits hasan. Katanya: “Bagi ahli ilmu, ketentuan ini dituruti.”)
Dikecualikan dari itu:
a. Bangkai ikan dan belalang, maka ia suci, karena hadits Ibnu Umar ra.: Telah bersabda Rasulullah saw.: “Dihalalkan bagi kita dua macam bangkai, ialah bangkai ikan dan belalang, sedang mengenai darah, ia adalah hati dan limpha.” (Diriwayatkan oleh Ahmad, Syafi’i, Ibnu Majah, Baihaqi dan Daruquthni, tetapi hadits ini dlaif. Hanya Imam Ahmad yang mensahkannya sebagai hadits mauquf, sebagaimana dikatakan oleh Zar’an dan Abu Hatim)
a. Bangkai ikan dan belalang, maka ia suci, karena hadits Ibnu Umar ra.: Telah bersabda Rasulullah saw.: “Dihalalkan bagi kita dua macam bangkai, ialah bangkai ikan dan belalang, sedang mengenai darah, ia adalah hati dan limpha.” (Diriwayatkan oleh Ahmad, Syafi’i, Ibnu Majah, Baihaqi dan Daruquthni, tetapi hadits ini dlaif. Hanya Imam Ahmad yang mensahkannya sebagai hadits mauquf, sebagaimana dikatakan oleh Zar’an dan Abu Hatim)
Sedang hadits seperti ini hukumnya marfu’ artinya silsilah sanadnya
sampai kepada Nabi, karena ucapan shahabat: dihalalkan bagi kami ini,
atau diharamkan bagi kami itu, adalah serupa dengan ucapannya: kami
diperintahkan dan kami dilarang.
Dan telah kita sebutkan sebelumnya sabda Nabi saw. mengenai laut yang artinya: “Airnya suci lagi menyucikan, dan bangkainya halal buat dimakan.”
Dan telah kita sebutkan sebelumnya sabda Nabi saw. mengenai laut yang artinya: “Airnya suci lagi menyucikan, dan bangkainya halal buat dimakan.”
b. Bangkai binatang yang tidak punya darah mengalir seperti semut,
lebah dan lain-lain, maka ia adalah suci. Jika ia jatuh ke dalam sesuatu
dan mati di sana, maka tidaklah menyebabkannya bernajis.
Berkata Ibnul Mundzir: “Tidak saya ketahui adanya perbedaan pendapat
tentang sucinya apa yang disebutkan tadi, kecuali apa yang diriwayatkan
dari Syafi’i. Dan yang lebih populer dari madzabnya ialah najis, hanya
dimaafkan jika jatuh ke dalam benda cair selama benda cair itu tidak
berubah karenanya.”
c. Tulang dari bangkai, tanduk, bulu, rambut, kuku dan kulit serta
apa yang sejenis dengan itu hukumnya suci karena asalnya semua itu
adalah suci dan tak ada dalil mengatakan najisnya.
Berkata az-Zuhri mengenai tulang-belulang bangkai seperti misalnya
gajah dan lain-lain: “Saya dapati orang-orang dari ulama-ulama Salaf
mengambil sebagai sisir dan menjadi minyak, demikian itu tidak jadi
apa-apa.” (Riwayat Bukhari)
Dan diterima dari Ibnu Abbas, katanya: majikan dari Maimunah
menyedekahkan kepadaku seekor domba, tiba-tiba ia mati. Kebetulan
Rasulullah saw. lewat maka sabdanya: “Kenapa tidak kalian ambil kulitnya
buat disamak, hingga dapat dimanfaatkan?” “Bukankah itu bangkai?” ujar
mereka. “Yang diharamkan ialah memakannya.” Ujar Nabi pula. (HR Jama’ah
Ibnu Majah yang di dalam riwayatnya tersebut: “Dari Maimunah”, sementara
dalam riwayat Bukhari dan Nasa’i tidak disebutkan soal menyamak)
Dan dari Ibnu Abbas ra. bahwa ia membacakan ayat berikut ini:
“Katakanlah: menurut apa yang diwahyukan kepadaku tidak kujumpai makanan
yang diharamkan kecuali bangkai.” (sampai akhir ayat 145 dari surah
al-An’am). Kemudian ulasannya: “Yang diharamkan itu hanyalah apa yang
dimakan. Mengenai kulit, air kulit, gigi, tulang, rambut dan bulu, maka
ia halal.” (HR Ibu Mundzir dan Ibnu Hasyim)
Begitu pula sari susu bangkai dan susunya suci, karena para shahabat
sewaktu menaklukkan negeri Irak, mereka memakan keju orang-orang Majusi
padahal itu dibuat dari susu, sedang sembelihan mereka itu dipandang
sama dengan bangkai.
Sebuah riwayat yang berasal dari Salman al-Farisi ra. bahwa ia
ditanya mengenai sedikit keju, lemak dan bulu, maka jawabnya: “Yang
halal adalah apa yang dihalalkan Allah dalam kitab-Nya, dan yang haram
apa yang diharamkan dalam kitab-Nya, dan apa-apa yang didiamkan-Nya
termasuk barang yang dimaafkan-Nya.” Dan sebagaimana diketahui
pertanyaan tersebut adalah mengenai keju orang-orang Majusi, yakni
sewaktu Salman menjadi gubernur ‘Umar bin Khaththab di Madain.
2. Darah, baik ia darah yang mengalir atau tertumpah, misalnya yang
mengalir dari hewan yang disembelih, ataupun darah haid. Tetapi
dimaafkan kalau hanya sedikit.
Dari Ibnu Juraij mengenai firman Allah Ta’ala: aw damam masfuuhan; katanya yang dimaksud dengan darah masfuha itu ialah darah yang mengucur sedang yang terdapat dalam urat-urat itu tidak jadi apa (dikeluarkan oleh Ibnul Mundzir)
Dari Ibnu Juraij mengenai firman Allah Ta’ala: aw damam masfuuhan; katanya yang dimaksud dengan darah masfuha itu ialah darah yang mengucur sedang yang terdapat dalam urat-urat itu tidak jadi apa (dikeluarkan oleh Ibnul Mundzir)
Dan sewaktu kepada Abu Mijlaz ditanyakan tentang darah yang terdapat
di bekas sembelihan domba (leher) atau darah yang dijumpai di permukaan
periuk, ujarnya: “Tidak apa-apa yang dilarang itu hanyalah darah yang
tertumpah.” (diriwayatkan oleh Abdu Hamid dan Abu Syeikh)
Dari ‘Aisyah ra. katanya: “Kami makan daging sedang darah tampak
merupakan benang-benang dalam periuk.” Kata Hasan pula: “Kaum Muslimin
tetap melakukan shalat dengan luka-luka mereka.” (diriwayatkan oleh
Bukhari)
Kemudian ada lagi sebuah riwayat yang sah dari Umar ra. bahwa ia
shalaat sedang lukanya masih berdarah. (Disebutkan oleh Hafidh dalam
al-Fat-h)
Sementara Abu Hurairah ra. berpendapat tidak apa dibawa shalat kalau hanya setetes atau dua tetes darah.
Adapun darah nyamuk dan darah yang menetes dari bisul-bisul, maka dimaafkan berdasarkan atsar, atau riwayat dari para shahabat tadi. Dan ditanyakan kepada Abu Mijlaz mengenai bisul yang menimpa badan atau pakaian. Ujarnya: “Tidak apa, kerena yang disebutkan oleh Allah hanya darah dan tidak disebut-Nya dengan tentang nanah.” Berkata Ibnu Taimiyah: “Wajib mencuci kain dari nanah beku dan nanah yang bercampur darah.” Ulasnya pula: “Tetapi tidak ditemukan dalil mengenai najisnya.”
Demikianlah dan yang lebih utama, agar manusia menjaganya sedapat mungkin.
Adapun darah nyamuk dan darah yang menetes dari bisul-bisul, maka dimaafkan berdasarkan atsar, atau riwayat dari para shahabat tadi. Dan ditanyakan kepada Abu Mijlaz mengenai bisul yang menimpa badan atau pakaian. Ujarnya: “Tidak apa, kerena yang disebutkan oleh Allah hanya darah dan tidak disebut-Nya dengan tentang nanah.” Berkata Ibnu Taimiyah: “Wajib mencuci kain dari nanah beku dan nanah yang bercampur darah.” Ulasnya pula: “Tetapi tidak ditemukan dalil mengenai najisnya.”
Demikianlah dan yang lebih utama, agar manusia menjaganya sedapat mungkin.
3. Daging babi
Firman Allah: “Katakanlah: Tidak kujumpai di dalam wahyu yang disampaikan kepadaku makanan yang diharamkan kecuali bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi, karena itu adalah najis.” (sampai akhir ayat 145 surah al-An’am)
Maksudnya karena semua itu adalah menjijikkan yang tak disukai oleh selera yang sehat. Maka kata ganti “itu” kembali kepada ketiga jenis tersebut. Mengenai bulu babi, menurut pendapat ulama yang terkuat, dibolehkan untuk diambil benang jahit.
Firman Allah: “Katakanlah: Tidak kujumpai di dalam wahyu yang disampaikan kepadaku makanan yang diharamkan kecuali bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi, karena itu adalah najis.” (sampai akhir ayat 145 surah al-An’am)
Maksudnya karena semua itu adalah menjijikkan yang tak disukai oleh selera yang sehat. Maka kata ganti “itu” kembali kepada ketiga jenis tersebut. Mengenai bulu babi, menurut pendapat ulama yang terkuat, dibolehkan untuk diambil benang jahit.
4. Muntah
5. Kencing
6. Kotoran manusia.
Najis semua itu disepakati oleh bersama, hanya kalau muntah itu sedikit, maka dimaafkan. Begitu pula diberi keringanan terhadap kencing bayi laki-laki yang belum diberi makan, maka cukup buat menyucikannya dengan jalan memercikkannya dengan air, berdasarkan hadist Ummu Qais ra. yang artinya: “Bahwa ia datang kepada Nabi saw. membawa bayinya yang laki-laki yang belum lagi sampai usia untuk diberi makan, dan bahwa bayinya itu kencing dalam pangkuan Nabi. Maka Nabi pun meminta air lalu memercikkannya (maksudnya sebagaimana tersebut pada riwayat-riwayat lain ialah menebarkan air dengan jari-jari, tidak sampai banyak hingga mengalir) ke atas kainnya, dan tidak mencucinya berkali-kali.” (disepakati oleh ahli-ahli hadits)
5. Kencing
6. Kotoran manusia.
Najis semua itu disepakati oleh bersama, hanya kalau muntah itu sedikit, maka dimaafkan. Begitu pula diberi keringanan terhadap kencing bayi laki-laki yang belum diberi makan, maka cukup buat menyucikannya dengan jalan memercikkannya dengan air, berdasarkan hadist Ummu Qais ra. yang artinya: “Bahwa ia datang kepada Nabi saw. membawa bayinya yang laki-laki yang belum lagi sampai usia untuk diberi makan, dan bahwa bayinya itu kencing dalam pangkuan Nabi. Maka Nabi pun meminta air lalu memercikkannya (maksudnya sebagaimana tersebut pada riwayat-riwayat lain ialah menebarkan air dengan jari-jari, tidak sampai banyak hingga mengalir) ke atas kainnya, dan tidak mencucinya berkali-kali.” (disepakati oleh ahli-ahli hadits)
Dari Ali ra. katanya: telah bersabda Rasulullah saw.: “Kencing bayi
laki-laki diperciki air, sedangkan kencing bayi perempuan hendaklah
dicuci.” Berkata Qatadah: “Ini selama kedua mereka ini belum diberi
makan, jika sudah, maka kencing mereka hendaknya dicuci.” (HR Ahmad
–dengan lafadh atau susunan kata daripadanya- dan Ashabus Sunan kecuali
Nasa’i. Berkata Hafidh dalam al-Fat-h: “Isnadnya adalah sah.”)
Kemudian memerciki itu hanya cukup, selama bayi tiada beroleh makanan
selain dari jalan menyusu. Adapun bila ia telah diberi makan, maka tak
ada perbedaan pendapat tentang wajib mencucinya. Keringanan dengan cukup
diperciki itu mungkin sebabnya karena gemarnya orang-orang buat
menggendong bayi hingga sering kena kencing dan masyaqqah atau sulit
buat mencucinya, diberi keringanan dengan cara tersebut.
7. Wadi
Yaitu air putih kental yang keluar mengiringi kencing. Ia adalah najis tanpa perbedaan pendapat. Berkata ‘Aisyah ra.: “Adapun wadi ia adalah setelah kencing, maka hendaklah seseorang mencuci kemaluannya lalu berwudlu dan tidak usah mandi.” (Riwayat Ibnul Mundzir)
Yaitu air putih kental yang keluar mengiringi kencing. Ia adalah najis tanpa perbedaan pendapat. Berkata ‘Aisyah ra.: “Adapun wadi ia adalah setelah kencing, maka hendaklah seseorang mencuci kemaluannya lalu berwudlu dan tidak usah mandi.” (Riwayat Ibnul Mundzir)
Dan dari Ibnu Abbas ra. mengenai mani, wadi dan madzi, katanya:
“Adapun mani, hendaklah mandi, mengenai madzi dan wadi, pada keduanya
berlaku cara bersuci.” (diriwayatkan oleh Atsram dan Baihaqi, sedang
pada Baihaqi lafadhnya adalah sebagai berikut: “Adapun wadi dan madzi,
katanya, cucilah kamaluanmu atau tempat kemaluanmu, dan laukanlah
pekerjaan wudlu-mu untuk shalat.”)
8. Madzi: yakni air putih bergetah yang keluar sewaktu mengingat
senggama atau ketika sedang bercanda. Kadang-kadang keluarnya tidak
terasa. Terdapat pada laki-laki dan perempuan hanya lebih banyak pada
golongan perempuan. Hukumnya najis menurut kesepakatan ulama, hanya bila
ia menimpa badan wajib dicuci, dan jika menimpa kain, cukuplah dengan
memercikinya dengan air karena ini merupakan najis yang sukar menjaganya
sebab sering menimpa pakaian pemuda-pemuda sehat, hingga lebih layak
mendapat keringanan dari kencing bayi.
Dari ‘Ali ra., katanya: Aku adalah seorang laki-laki yang banyak
madzi, maka kusuruh seorang kawan menanyakan kepada Nabi saw. mengingat
aku adalah suami putrinya. Kawan itupun menanyakan, maka jawab Nabi:
‘Berwudlulah dan cucilah kemaluanmu.’” (HR Bukhari dan lain-lain)
Dari Sahl bin Hanif ra. katanya: Aku mendapat kesusahan dan kesulitan
disebabkan madzi dan sering mandi karenanya. Maka kusampaikan hal itu
kepada Rasulullah saw. dan ujarnya: “Cukuplah kamu berwudlu karena itu.”
Lalu kataku pula: “Ya Rasulallah, bagaimana yang menimpa kainku?”
Sabdany: “Cukup bila engkau ambil sesauk air lalu percikkan ke kainmu
hingga jelas olehmu mengenainya.” (Diriwayatkan oleh Abu Daud, Ibnu
Majah dan Turmudzi serta katanya: “Hadits ini hasan lagi shahih.”)
Di dalam hadits ini terdapat Muhammad bin Ishak, dan ia adalah dlaif
bila meriwayatkan disebabkan mudallas, hanya di sini ia tegas-tegas
meriwayatkan hadits.
Juga hadits tersebut diriwayatkan oleh al-Astram ra. dengan lafadh:
“Aku banyak menemukan kesusahan karena madzi, maka akupun datang menemui
Nabi saw. dan mengatakan hal itu kepadanya. Ujarnya: “Cukuplah bila kau
mengambil sesauk air lalu memercikkan ke atasnya.”
9. Mani.
Sebagian ulama berpendapat bahwa ia najis. Pendapat yang kuat adalah ia suci, tetapi disunahkan mencucinya bila ia basah, dan mengoreknya bila kering. Berkata ‘Aisyah ra.: “Kukorek mani itu dari kain Rasulullah saw. bila ia kering, dan kucuci bila ia basah.” (Riwayat Daruquthni, Abu Uwanah dan al-Bazzar)
Sebagian ulama berpendapat bahwa ia najis. Pendapat yang kuat adalah ia suci, tetapi disunahkan mencucinya bila ia basah, dan mengoreknya bila kering. Berkata ‘Aisyah ra.: “Kukorek mani itu dari kain Rasulullah saw. bila ia kering, dan kucuci bila ia basah.” (Riwayat Daruquthni, Abu Uwanah dan al-Bazzar)
Dari Ibnu Abbas, katanya: Nabi saw. ditanya orang mengenai mani yang
mengenai kain, maka jawabnya: “Ia hanyalah seperti ingus dan dahak, maka
cukuplah bagimu menghapusnya dengan secarik kain atau dengan
daun-daunan.” (Riwayat Daruquthni, Baihaqi dan Thahawi, sedang hadits
menjadi perbantahan mengenai marfu’ atau mauqufnya, yakni tentang sampai
sanadnya kepada Nabi saw. atau hanya sampai shahabat saja).
10. Kencing dan tahi binatang yang tidak dimakan dagingnya
Keduanya adalah najis karena hadits Ibnu Mas’ud ra. katanya: Nabi saw. hendak buang air besar, maka disuruhnya aku mengambilkan tiga buah batu. Dapatlah aku dua buah, dan kucari sebuah lagi tapi tidak ketemu. Maka kuambillah tahi kering lalu kuberikan kepadanya. Kedua batu itu diterima oleh Nabi, tetapi tahi tadi dibuangnya. Sabdanya: “Ini najis.” (HR Bukhari, Ibnu Majah dan Ibnu Khuzaimah)
Yang menambahkan dalam sebuah riwayat: “Ini najis, ini adalah tahi keledai.” Dan dimaafkan bila hanya sedikit, karena susah menjaganya. Berkata Walid bin Muslim: “Saya tanyakan kepada Auza’i: “Bagaimana tentang kencing binatang yang tidak dimakan dagingnya seperti bagal, keledai dan kuda?” Ujarnya: “Mereka mendapatkan kesulitan disebabkan itu dalam peperangan, dan tidaklah mereka cuci baik yang mengenai tubuh ataupun kain.”
Keduanya adalah najis karena hadits Ibnu Mas’ud ra. katanya: Nabi saw. hendak buang air besar, maka disuruhnya aku mengambilkan tiga buah batu. Dapatlah aku dua buah, dan kucari sebuah lagi tapi tidak ketemu. Maka kuambillah tahi kering lalu kuberikan kepadanya. Kedua batu itu diterima oleh Nabi, tetapi tahi tadi dibuangnya. Sabdanya: “Ini najis.” (HR Bukhari, Ibnu Majah dan Ibnu Khuzaimah)
Yang menambahkan dalam sebuah riwayat: “Ini najis, ini adalah tahi keledai.” Dan dimaafkan bila hanya sedikit, karena susah menjaganya. Berkata Walid bin Muslim: “Saya tanyakan kepada Auza’i: “Bagaimana tentang kencing binatang yang tidak dimakan dagingnya seperti bagal, keledai dan kuda?” Ujarnya: “Mereka mendapatkan kesulitan disebabkan itu dalam peperangan, dan tidaklah mereka cuci baik yang mengenai tubuh ataupun kain.”
Mengenai kencing atau tahi hewan yang dimakan dagingnya, di antara
ulama mengatakan suci adalah Malik, Ahmad dan segolongan dari ulama
madzab Syafi’i. Berkata Ibnu Taimiyah: “Tak seorang pun di antara
shahabat yang mengatakan najis, bahkan mengatakannya najis itu adalah
ucapan yang dibuat-buat yang tak ada dasarnya di kalangan shahabat yang
dulu-dulu. Sekian.
Dari Anas ra. katanya: Orang-orang Ukul dan Ukrainah datang ke
Madinah dan tertimpa sakit perut. Maka Nabi saw. menyuruh mereka untuk
mencari unta perahan dan supaya meminum kencing dan susunya.” (HR Ahmad
dan kedua Syaikh yakni Bukhari dan Muslim)
Hadits ini menjadi dalil tentang sucinya kencing unta.
Hadits ini menjadi dalil tentang sucinya kencing unta.
Dan binatang-binatang lain yang dimakan dagingnya diqiyaskan
kepadanya. Berkata Ibnul Mundzir: “Orang-orang yang mengatakan bahwa ini
khusus bagi orang tesebut, tidaklah benar, karena keistimewaan itu
tidak dapat diterima kecuali bila ada alasan.” Ulasnya lagi:
“Dibiarkannya oleh ahli-ahli ilmu orang-orang itu menjual tahi kambing
di pasar-pasar, dan menggunakan kencing unta buat obat-obatan baik di
masa dulu maupun sekarang tanpa dapat disangkal, menjadi bukti atas
sucinya.”
Berkata Syaukani: “Yang kuat ialah sucinya kencing dan sisa makanan
dari setiap hewan yang dimakan dagingnya, berpegang kepada asal dan
ishtish-hab lil baraatil ashliyah artinya mempertahankan hukum lama
yakni kebebasan menurut asal. Sedang sifat dan keadaan najis itu adalah
suatu hukum syara’, yang berpindah dari hukum yang dikehendaki oleh asal
dan kebebasan, hingga ucapan orang yang mengakuinya tak dapat diterima
kecuali bila ada dalil yang dapat dipakai alasan untuk memindahkan
daripadanya, padahal dari orang-orang yang mengatakannya najis, tidak
kita temui alasan tersebut.
11. Binatang jallalah, karena ada larangan terhadap mengendarai jallalah, memakan daging atau meminum susunya.
Dari Ibnu Abbas ra. katanya: Telah melarang Rasulullah saw. meminum susu jallalah.” (diriwayatkan oleh Yang Berlima kecuali Ibnu Majah, dan oleh Turmudzi dikatakan shahih)
Dan pada sebuah riwayat: “Nabi melarang mengendarai jallalah.” (HR Abu Dawud)
Dari Ibnu Abbas ra. katanya: Telah melarang Rasulullah saw. meminum susu jallalah.” (diriwayatkan oleh Yang Berlima kecuali Ibnu Majah, dan oleh Turmudzi dikatakan shahih)
Dan pada sebuah riwayat: “Nabi melarang mengendarai jallalah.” (HR Abu Dawud)
Dan diterima dari Umar bin Syu’aib, dari ayah dan seterusnya dari
kakeknya ra. katanya: Rasulullah saw. melarang memakan daging keledai
piaraan, begitu pun jallalah, baik mengendarai atau memakan dagingnya.”
(HR Ahmad, Nasa’i dan Abu Daud)
Yang dimaksud dengan jallalah adlah binatang-binatang yang memakan
kotoran, baik berupa unta, sapi, kambing, ayam, itik dan lain-lain
sampai baunya berubah.
Tetapi jika ia dikurung dan terpisah dari kotoran-kotoran itu beberapa waktu dan kembali memakan makanan yang baik, hingga dagingnya jadi baik dan nama jallalah tadi jadi hilang dari dirinya, maka halal, karena illat atau alasan dilarang ialah karena berubah, sedang sekarang sudah tiada perubahan lagi.
Tetapi jika ia dikurung dan terpisah dari kotoran-kotoran itu beberapa waktu dan kembali memakan makanan yang baik, hingga dagingnya jadi baik dan nama jallalah tadi jadi hilang dari dirinya, maka halal, karena illat atau alasan dilarang ialah karena berubah, sedang sekarang sudah tiada perubahan lagi.
12. Khamr / Arak. Bagi jumhur ulama ia adalah najis karena firman
Allah: “Sesungguhnya arak, judi, berhala dan bertenung itu adalah najis,
termasuk perkara setan.” (al-Maidah: 90)
Sebagian ulama berpendapat bahwa ia adalah suci, sedang kata-kata
najis pada ayat tersebut mereka tafsirkan sebagai najis maknawi, karena
kata “Najis” itu merupakan predikat dari arak serta segala yang
dihubungkan dengannya, padahal semua itu sekali-sekali tak dapat
dikatakan najis biasa.
Firman Allah: “Hendaknya kamu jauhi najis yang berupa berhala.”
Ternyata bahwa berhala itu najis maknawi yang bila disentuh tidak menyebabkan kita bernajis. Juga karena dalam ayat tersebut ada ditafsirkan bahwa ia merupakan pekerjaan setan yang menimbulkan permusuhan dan saling benci serta jadi penghalang terhadap mengingat Allah dan melakukan shalat.
Ternyata bahwa berhala itu najis maknawi yang bila disentuh tidak menyebabkan kita bernajis. Juga karena dalam ayat tersebut ada ditafsirkan bahwa ia merupakan pekerjaan setan yang menimbulkan permusuhan dan saling benci serta jadi penghalang terhadap mengingat Allah dan melakukan shalat.
Dan dalam buku Subulus Salam tertera sebagai berikut: “Yang benar
bahwa asal pada semua benda yang tersebut itu adalah suci, dan bahwa
diharamkannya, tidaklah berarti bahwa ia najis. Contohnya candu, ia
adalah haram tetapi tetap suci. Adapun barang najis, maka selamanya
haram. Jadi setiap najis adalah haram, tetapi tidak sebaliknya.
Keterangannya ialah menetapkan sesuatu sebagai najis, berarti melarang
menyentuhnya dengan cara apapun juga. Maka menetapkan sesuatu barang
sebagai najis, berarti menetapkan haramnya.
Lain halnya dengan menetapkan haramnya, misalnya memakai sutera dari
emas, padahal keduanya adalah suci berdasarkan syara’ dan ijma’. Nah
bila ini dapat anda pahami, maka diharamkannya berbagai macam tuak
berikut arak sebagaimana dimaksudkan oleh dalil-dalil keterangan, tidak
berarti bahwa itu najis, untuk itu hendaklah ada dalil atau keterangan
lain.
Dan seandainya dalil itu tidak dijumpai, tetaplah ia berada dalam keadaan asal yang telah disepakati bersama yakni suci. Siapa-siapa yang menyangkal, berartilah ia menyangkal dalil itu sendiri.
Dan seandainya dalil itu tidak dijumpai, tetaplah ia berada dalam keadaan asal yang telah disepakati bersama yakni suci. Siapa-siapa yang menyangkal, berartilah ia menyangkal dalil itu sendiri.
13. Anjing. Ia adalah najis dan wajib mencuci apa yang dijilatnya,
sebanyak tujuh kali, mula-mula dengan tanah berdasarkan hadits Abu
Hurairah ra. katanya: Telah bersabda Rasulullah saw.: “Menyucikan
bejanamu yang dijilat anjing adalah dengan mencucinya sebanyak tujuh
kali, mula-mulanya dengan tanah.” (HR Muslim, Ahmad, Abu Dawud dan
Baihaqi)
Mencuci dengan tanah maksudnya ialah mencampurkannya ke dalam air hingga menjadi keruh.
Jika ia menjilat ke dalam bejana yang berisi makanan kering, hendaklah dibuang mana yang kena dan sekelilingnya, sedang sisanya tetap dipergunakan karena sucinya tadi.
Mengenai bulu anjing, maka yang terkuat adalah suci, dan tak ada alasan mengatakannya najis.
Jika ia menjilat ke dalam bejana yang berisi makanan kering, hendaklah dibuang mana yang kena dan sekelilingnya, sedang sisanya tetap dipergunakan karena sucinya tadi.
Mengenai bulu anjing, maka yang terkuat adalah suci, dan tak ada alasan mengatakannya najis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar